Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP/MTs ini menjadi modal dasar untuk belajar dan perkembangan anak-anak Indonesia. Mata pelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan kepercayaan diri siswa sebagai komunikator, pemikir imajinatif dan warga negara Indonesia yang melek literasi dan informasi. Pembelajaran Bahasa Indonesia membina dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi yang dibutuhkan siswa dalam menempuh pendidikan dan di dunia kerja.
Download Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII secara umum bertujuan agar siswa mampu mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal yang saling berhubungan dan saling mendukung pengetahuan siswa, memahami, dan memiliki kompetensi mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Ketiga hal tersebut adalah bahasa (pengetahuan tentang Bahasa Indonesia); sastra (memahami, mengapresiasi, menanggapi, menganalisis, dan menciptakan karya sastra; literasi (memperluas kompetensi berbahasa Indonesia dalam berbagai tujuan khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).
Bahasa, pengetahuan Bahasa Indonesia adalah pengetahuan tentang tata bahasa bahasa Indonesia dan cara penggunaannya yang efektif. Siswa belajar bahasa Indonesia sehingga memungkinkan manusia saling berinteraksi secara efektif; membangun dan membina hubungan; mengungkapkan dan mempertukarkan pengetahuan, keterampilan, sikap, perasaan, dan pendapat. Siswa mampu berkomunikasi secara efektif melalui teks yang koheren, kalimat yang tertata dengan baik, termasuk tata ejaan, tanda baca pada tingkat kata, kalimat, dan teks yang lebih luas. Pemahaman tentang bahasa berarti bahasa sebagai sistem dan bahasa sebagai wahana pengetahuan dan komunikasi yang akan menjadikan siswa sebagai penutur Bahasa Indonesia yang produktif.
Daftar Isi .....................................................................................iv
I. Petunjuk Umum
A. Kurikulum 2013...............................................................................vii
B. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia............................ viii
C. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia ................................ix
D. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII ...................................xv
Bagian Dua-Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Bahasa ..... xvii
II. Petunjuk Khusus
Bab 1 : Berita Seputar Indonesia
A. Menentukan Unsur-unsur Berita ............................................... 1
B. Meringkas dan Menyimpulkan Berita ........................................ 4
C. Menemukan Struktur dan Kaidah Berita ................................... 7
D. Menyampaikan Informasi dalam Bentu Berita ........................ 10
Bab 2 : Iklan-iklan tentang Dunia Kita
A. Menentukan Unsur-unsur Iklan, Slogan, dan Poster .............. 13
B. Menyimpulkan Pesan dan Informasi dalam Iklan ................... 15
C. Menelaah Pola, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Iklan........ 18
D. Menulis Iklan ........................................................................... 20
Bab 3 : Mengenali Unsur-unsur Teks Eksposisi
A. Mengenali Unsur-unsur Teks Eksposisi .................................. 23
B. Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi............................................ 26
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi ....................... 29
D. Menyajikan Teks Eksposisi .................................................... 33
Bab 4 : Indahnya Berpuisi
A. Menemukan Unsur-unsur Pembentuk Puisi ........................... 37
B. Menyimpulkan Isi Puisi ........................................................... 41
C. Memilah Unsur-unsur Pembangun Puisi ................................ 44
D. Mari Berpuisi ........................................................................... 47
Bab 5 : Ada Cerita dalam Teks Eksplanasi
A. Menentukan Ciri-ciri Teks Eksplanasi ..................................... 51
B. Meringkas Teks Ekspanasi...................................................... 56
C. Menelaah Isi, Struktur, dan Kaidah Teks Eksplanasi .............. 59
D. Menulis Teks Eksplanasi ......................................................... 63
Bab 6 : Ulasan tentang Karya Kita
A. Menunjukkan Ciri-ciri Ulasan .................................................. 67
B. Menjelaskan Kembali Teks Ulasan ......................................... 72
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Ulasan ................................... 75
D. Menyusun Teks Ulasan ........................................................... 79
Bab 7 : Berbahasalah secara Persuatif
A. Menemukan Ajakan dalam Teks Persuasi ..................................... 83
B. Menyimpulkan Isi Teks Persuasi ................................................... 88
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi ......... 91
D. Menulis Teks Persuasi ................................................................... 95
Itulah pembahasan singkat dari isi buku Bahasa Indonesian untuk Guru Kelas 8 Kurtilas beserta daftar isinya dan untuk lebih lengkap dan jelas mengenai materinya silahkan langsung saja Bapak dan Ibu untuk mendownload file lengkapnya pada link di bawah ini.
Download Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII secara umum bertujuan agar siswa mampu mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Kompetensi dasar dikembangkan berdasarkan tiga hal yang saling berhubungan dan saling mendukung pengetahuan siswa, memahami, dan memiliki kompetensi mendengarkan, membaca, memirsa, berbicara, dan menulis. Ketiga hal tersebut adalah bahasa (pengetahuan tentang Bahasa Indonesia); sastra (memahami, mengapresiasi, menanggapi, menganalisis, dan menciptakan karya sastra; literasi (memperluas kompetensi berbahasa Indonesia dalam berbagai tujuan khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis).
Bahasa, pengetahuan Bahasa Indonesia adalah pengetahuan tentang tata bahasa bahasa Indonesia dan cara penggunaannya yang efektif. Siswa belajar bahasa Indonesia sehingga memungkinkan manusia saling berinteraksi secara efektif; membangun dan membina hubungan; mengungkapkan dan mempertukarkan pengetahuan, keterampilan, sikap, perasaan, dan pendapat. Siswa mampu berkomunikasi secara efektif melalui teks yang koheren, kalimat yang tertata dengan baik, termasuk tata ejaan, tanda baca pada tingkat kata, kalimat, dan teks yang lebih luas. Pemahaman tentang bahasa berarti bahasa sebagai sistem dan bahasa sebagai wahana pengetahuan dan komunikasi yang akan menjadikan siswa sebagai penutur Bahasa Indonesia yang produktif.
Daftar Isi Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 8 K13 Revisi 2017
Kata Pengantar .....................................................................................iiiDaftar Isi .....................................................................................iv
I. Petunjuk Umum
A. Kurikulum 2013...............................................................................vii
B. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia............................ viii
C. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia ................................ix
D. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII ...................................xv
Bagian Dua-Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Bahasa ..... xvii
II. Petunjuk Khusus
Bab 1 : Berita Seputar Indonesia
A. Menentukan Unsur-unsur Berita ............................................... 1
B. Meringkas dan Menyimpulkan Berita ........................................ 4
C. Menemukan Struktur dan Kaidah Berita ................................... 7
D. Menyampaikan Informasi dalam Bentu Berita ........................ 10
Bab 2 : Iklan-iklan tentang Dunia Kita
A. Menentukan Unsur-unsur Iklan, Slogan, dan Poster .............. 13
B. Menyimpulkan Pesan dan Informasi dalam Iklan ................... 15
C. Menelaah Pola, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Iklan........ 18
D. Menulis Iklan ........................................................................... 20
Bab 3 : Mengenali Unsur-unsur Teks Eksposisi
A. Mengenali Unsur-unsur Teks Eksposisi .................................. 23
B. Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi............................................ 26
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi ....................... 29
D. Menyajikan Teks Eksposisi .................................................... 33
Bab 4 : Indahnya Berpuisi
A. Menemukan Unsur-unsur Pembentuk Puisi ........................... 37
B. Menyimpulkan Isi Puisi ........................................................... 41
C. Memilah Unsur-unsur Pembangun Puisi ................................ 44
D. Mari Berpuisi ........................................................................... 47
Bab 5 : Ada Cerita dalam Teks Eksplanasi
A. Menentukan Ciri-ciri Teks Eksplanasi ..................................... 51
B. Meringkas Teks Ekspanasi...................................................... 56
C. Menelaah Isi, Struktur, dan Kaidah Teks Eksplanasi .............. 59
D. Menulis Teks Eksplanasi ......................................................... 63
Bab 6 : Ulasan tentang Karya Kita
A. Menunjukkan Ciri-ciri Ulasan .................................................. 67
B. Menjelaskan Kembali Teks Ulasan ......................................... 72
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Ulasan ................................... 75
D. Menyusun Teks Ulasan ........................................................... 79
Bab 7 : Berbahasalah secara Persuatif
A. Menemukan Ajakan dalam Teks Persuasi ..................................... 83
B. Menyimpulkan Isi Teks Persuasi ................................................... 88
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi ......... 91
D. Menulis Teks Persuasi ................................................................... 95
Itulah pembahasan singkat dari isi buku Bahasa Indonesian untuk Guru Kelas 8 Kurtilas beserta daftar isinya dan untuk lebih lengkap dan jelas mengenai materinya silahkan langsung saja Bapak dan Ibu untuk mendownload file lengkapnya pada link di bawah ini.
Download Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
إرسال تعليق