Aplikasi Manajemen Penilaian Digital (MPD) SMK dan Panduannya

Aplikasi Manajemen Penilaian Digital (MPD) SMK dan Panduannya kami bagikan secara lengkap untuk membantu mempermudah pekerjaan Bapak dan Ibu dalam menginstal Aplikasi tersebut yang di tujukan untuk MPD SMK.
Instalasi Aplikasi Manajemen Penilaian Digital
1. Syarat Teknis Server
Untuk mendukung instalasi MPD versi 2017 diperlukan server atau komputer yang difungsikan sebagai server dengan spesifikasi minimal:
a. Prosesor setara dual core.
b. OS windows XP/7/ 8/ 10, (32/64 bit) disarankan windows 7 ke atas atau win server 2012. c. RAM minimal 2 GB, disarankan 4 GB.
d. Ruang kosong pada drive C minimal 300 MB.

1. Langkah Persiapan
Agar instalasi dapat berjalan dengan baik, beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain:
a. Server atau computer yang difungsikan sebagai server harus terinstal aplikasi Dapodik versi 2017 b. Non aktifkan windows firewall.
c. Nonaktifkan anti virus yang terpasang pada server atau komputer.

INSTALASI Aplikasi Manajemen Penilaian Digital (MPD) SMK
Aplikasi dapat di download di :
Aplikasi diinstall dengan hak administrator ( run as administrator)
ALUR PROSES DATA ( OLEH ADMIN)

Instalasi MPD SMK V. 2017
Login sebagai Admin kemudian lakukan hal hal berikut:
1. Ambil data-data dari Dapodik.
2. Generate data user melalui menu Data
User.
3. Ubah Password.
4. Penyesuaian Muatan Lokal.
5. Menambah KKM Mata Pelajaran dan interval predikat.
6. Menambah Data Ekstrakurikuler.
7. Menentukan no urut mapel pada raport
8. Mencetak Rapor setelah semua nilai lengkap dikirim oleh guru mapel dan wali kelas.
9. Sinkron Nilai ke Dapodik.

I. PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN)
1. Akses localhost:2677 atau buka aplikasi melalui shortcut aplikasi di deskstop
2. Buka aplikasi dengan user: admin , password: admin , level : admin , semester: 2016/2017 genap
3. Ambil data dari Dapodik dengan cara pilih menu “Ambil Data Dapodik”
a) Ketika kita sinkronkan pertama kali pada tahun pelajaran 2016/2017 semester genap, maka e-Rapor akan mengambil semua data referensi dari Dapodik mulai tahun pelajaran 2014/2015 semester 1.
b) Pastikan bahwa semua data dapodik sudah benar, serta lakukan sinkron/pengambilan data dapodik pada halaman ini setiap kali melakukan perbaikan data dapodik.
c) Hal ini diperlukan agar data referensi di e-Rapor selalu sama dengan data yang dikirim ke Dapodik.

4. Generalisasi User. Generalisasi data user perlu dilakukan untuk memberikan akses kepada guru mapel, wali kelas, guru BK dan peserta didik ke aplikasi MPD v 2017. Klik Menu Data User kemudian Klik Generate Data User . Maka akan di generate user dengan password default 123456
HASIL PENGAMBILAN DATA DARI DAPODIK
HASIL PENGAMBILAN DATA DARI DAPODIK
HASIL PENGAMBILAN DATA DARI DAPODIK
HASIL PENGAMBILAN DATA DARI DAPODIK
HASIL PENGAMBILAN DATA DARI DAPODIK
HASIL PENGAMBILAN DATA DARI DAPODIK
HASIL PENGAMBILAN DATA DARI DAPODIK
HASIL PENGAMBILAN DATA DARI DAPODIK
HASIL GENERATE USER
Aplikasi MPD SMK
I. PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN)

4.b Generate User
Secara default :
Untuk Guru Mapel yang ber NIP.
Username : NIP Guru
 Password : 123456

Untuk guru yang belum ber NIP.
Username : Nama Guru (sesuai yang dikirim ke dapodik) Password : 123456
Untuk Wali Kelas.
Username : Nama Rombel – Kode Semester
(Contoh : X-MIPA-1-20161) Password : 123456
Untuk Guru BK yang telah ber NIP.
Username : BKNIPGuru (Misal: BK196807171991031008) Password : 123456
Untuk Guru BK yang belum ber NIP.

Itulah sekilas yang dapat kami paparkan dari Aplikasi MPD SMK ini untuk lebih lengkap dan jelas mengeani hal tersebut silahkan langsung saja Bapak dan Ibu download Aplikasi dan Panduan Manajemen Penilaian Digital SMK pada link di bawah ini secara lengkap.

Post a Comment

Previous Post Next Post