Membicarakan mengenai Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang komplek jika kita lihat dari isinya secara detail. Kurikulum ini identik dengan istilah Kurtilas atau K13. Jika kita melihat dari segi pembelajaran memang kita tidak akan mengalami kesulitan toh intinya tetaplah sama memberikan materi hingga tujuan pembelajaran dapat tercapat. Permasalahan yang mucul dari segi penilaian sehingga kurikulum ini mengalami perbaikan direvisi sehingga memunculkan kurikulum 2013 yang baru dengan penilaian yang lebih cermat dan diberi istilah revisi dan mulai digunakan pada tahun 2017.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan) telah menyusun dan menerbitkan Panduan Penilaian pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, di antaranya adalah Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) untuk semua kelas baik 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 / I, II, III, IV, V dan VI. Panduan penilaian tersebut dipergunakan sebagai rambu-rambu bagi para pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, juga menjadi pedoman untuk merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan membuat laporan hasil penilaian secara akuntabel dan informatif.
Seiring dengan perkembangan, terdapat perubahan kebijakan dalam bidang pendidikan khususnya Kurikulum 2013 yang mengatur standar-standar di dalamnya, kebijakan terkait dengan penilaian antara lain:
Tujuan Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar ini dimaksudkan sebagai:
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan) telah menyusun dan menerbitkan Panduan Penilaian pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, di antaranya adalah Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) untuk semua kelas baik 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 / I, II, III, IV, V dan VI. Panduan penilaian tersebut dipergunakan sebagai rambu-rambu bagi para pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, juga menjadi pedoman untuk merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan membuat laporan hasil penilaian secara akuntabel dan informatif.
Seiring dengan perkembangan, terdapat perubahan kebijakan dalam bidang pendidikan khususnya Kurikulum 2013 yang mengatur standar-standar di dalamnya, kebijakan terkait dengan penilaian antara lain:
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Tujuan Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar ini dimaksudkan sebagai:
- Acuan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, mengembangkan instrumen, melaksanakan, dan mengolah serta melaporkan hasil penilaian.
- Acuan pendidik dan satuan pendidikan dalam menerapkan program remedial dan program pengayaan.
- Acuan kepala sekolah, pengawas, dan pemangku kepentingan dalam memberikan pembinaan kepada pendidik.
- Acuan orangtua dalam memahami hasil penilaian dalam buku rapor peserta didik.
Selengkapnya Perihal Pembahasan Penilian Kurikulum 2013 Revisi 2017 SD
DAFTAR ISI ................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang .......................................................................... 1
B. Tujuan ........................................................................................
C. Ruang Lingkup ........................................................................... 2
D. Sasaran ..................................................................................... 2
E. Dasar Hukum ............................................................................. 3
BAB II KONSEP PENILAIAN .......................................................... 5
A. Pengertian .................................................................................. 5
B. Pendekatan Penilaian ................................................................. 7
C. Prinsip Penilaian ......................................................................... 8
D. Kriteria Ketuntasan Minimal ....................................................... 8
E. Lingkup dan Teknik Penilaian ...................................................... 9
BAB III PENILAIAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN .............................. 17
A. Pengertian Penilaian …………………….…..................................... 17
B. Lingkup Penilaian ……………………………………........................... 17
C. Bentuk Penilaian ........................................................................ 17
D. Instrumen Penilaian ................................................................... 18
E. Kriteria Kenaikan Kelas, dan Kriteria Kelulusan dari Satuan Pendidikan
....................................................................................... 18
F. Perencanaan Penilaian ……………………………........................... 19
G. Pelaksanaan Penilaian ……………................................................ 20
H. Pengolahan, Pemanfaatan, dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian .... 20
BAB IV PERENCANAAN, PELAKSANAAN, DAN PENGOLAHAN
PENILAIAN OLEH PENDIDIK ………........................................ 21
A. Penilaian Sikap. ............................................................................ 21
B. Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan ................................... 33
BAB V PEMANFAATAN DAN TINDAK LANJUT HASIL PENILAIAN
OLEH PENDIDIK................................................................. 73
A. Program Pembelajaran Remedial ………………............................ 73
B. Program Pengayaan ………………………………............................. 76
BAB VI PENUTUP ......................................................................... 77
LAMPIRAN 1 CONTOH FORMAT RAPOR TERISI ................................. 79
LAMPIRAN 2 CONTOH FORMAT RAPOR KOSONG .............................. 99
Masih banyak informasi yang perlu Bapak dan Ibu ketahui perihal Penilaian di jenjang SD untuk Kurikulum 2013 revisi 2017 yang tentunya akan memudahkan dari segala pelaksanaan penilaian dan tentunya akan menambah wawasan Anda mengenai Kurikulum 2013. Selengkapnya mengenai Penilian tersebut dapat Anda download file dalam bentuk PDF dibawah ini:
Selain dari pada pembahasan penilian Admin juga telah menyediakan Aplikasi untuk pengisian raport pada semester 1 dan 2 yang dapat simak pada link berikut (Aplikasi Raport K13). Demikian pembasahan mengenai penilaian Kurikulum 2013 pada artikel yang Admin buat di tahun 2018, semoga informasi dari artikel ini dapat bermanfaat.
Post a Comment