Download RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013 SMP/Mts Kelas 7 (VII) Semester 1 dan 2 merupakan perangkat pembelajaran K13/Kurtilas yang harus di miliki dan di buat oleh seorang Guru yang akan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pembuatan Rencana Pelakasanaan Pembelajaran haruslah baik dan benar sesuai dengan Materi yang akan di berikan. RPP merupakan satuan program pembalajaran yang dibuat untuk satu atau beberapa kompetensi dasar dan disiapkan untuk satu atau beberapa kali pertemuan di kelas. Karena itu RPP harus berisi garis besar tentang apa yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung.
RPP pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran dan hasil apa yang ingin dicapai dari proses pembelajaran. Paling tidak ada dua fungsi RPP dalam prosesnya.
Pertama, fungsi perencanaan, ini berarti RPP hendaknya dapat mendorong guru untuk lebih siap dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, setiap akan melakukan pembelajaran guru wajib memiliki persiapan, baik tertulis maupun tidak tertulis berupa persiapan mental intelektual guru. Untuk yang terakhir ini sangat mutlak diperlukan, mengingat mentalitas guru di kelas akan sangat memberikan pengaruh yang signifikan.
Kedua, fungsi pelaksanaan, bertujuan untuk mengefektifkan proses pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan. Dalam hal ini, materi standar yang dikembangkan dan dijadikan bahan kajian oleh peserta didik harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya, mengandung nilai fungsional, praktis, serta disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. RPP akan memandu jalanya pembelajaran, sehingga tidak membahas hal-hal yang belum saatnya atau menjadi kajian pada RPP selanjutnya.
RPP pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran dan hasil apa yang ingin dicapai dari proses pembelajaran. Paling tidak ada dua fungsi RPP dalam prosesnya.
Pertama, fungsi perencanaan, ini berarti RPP hendaknya dapat mendorong guru untuk lebih siap dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, setiap akan melakukan pembelajaran guru wajib memiliki persiapan, baik tertulis maupun tidak tertulis berupa persiapan mental intelektual guru. Untuk yang terakhir ini sangat mutlak diperlukan, mengingat mentalitas guru di kelas akan sangat memberikan pengaruh yang signifikan.
Kedua, fungsi pelaksanaan, bertujuan untuk mengefektifkan proses pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan. Dalam hal ini, materi standar yang dikembangkan dan dijadikan bahan kajian oleh peserta didik harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya, mengandung nilai fungsional, praktis, serta disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. RPP akan memandu jalanya pembelajaran, sehingga tidak membahas hal-hal yang belum saatnya atau menjadi kajian pada RPP selanjutnya.
Contoh RPP Bahasa Inggris K13 SMP Kelas 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan:SMP …………………………….
Kelas / Semester:VII / 1
Mata Pelajaran:Bahasa Inggris
Pertemuan ke:1-7
Alokasi Waktu: 7 x 40 menit
KOMPETENSI DASAR
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
•Menunjukan kesungguhan dalam belajar
•Menunjukan kesantunan menunjukan kepedulian
•Menentukan fungsi social teks
•Mengidentifikasi struktur teks
•Menggunakan tata bahasa yang benar dalam ungkapan
•Mengucapkan kata dengan benar
•Mengucapkan kalimat dengan intonasi yang benar
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa terampil berkomunikasi secara lisan untuk menjaga hubungan interpersonal melalui menyapa,berpamitan,mengucapkan terima kasih dan meminta maaf, secara bersungguh-sungguh,santun,peduli dengan menggunakan struktur teks yang runut dari unsure kebahasaan yang benar
MATERI PEMBELAJARAN
Teks lisan untuk sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf
Fungsi sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
Struktur teks
(ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
a.Good morning. How are you?, Fine, thank you. And you? dan semacamnya
b.Goodbye. Bye. See you later. See you. Take care., dan semacamnya
c.Thank you. You are welcome., dan semacamnya
d.I’m sorry. That’s fine, okay. Allright., dan semacamnya
Unsur kebahasaan
Kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, dan intonasi.
Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam maupun di luar kelas.
MODEL/METODE PEMBELAJARAN
1.Pendekatan:Scientific
2.Strategi:Observe – Practice
3.Metode:Inquiry/Experiencial Learning
KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Pendahuluan
- Isi
- Penutup
SUMBER/MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber : Buku Paket “When English Rings the Bell” dan Buku LKS.
2. Media : Media Audio Visual, White Board, Boardmarker
Itulah gambaran sekilas dari RPP Kelas VII Kurikulum 2013. Lebih lengkap mengenai RPP tersebut dan RPP Bahasa Inggris lainnya untuk semester 1 dan 2 Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya pada link di bawah ini secara lengkap.
Post a Comment