RPP Bahasa Inggris Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/ MI semester 1 dan 2 Tahun 2017

RPP Bahasa Inggris Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/ MI semester 1 dan 2 Tahun 2017 merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang tentunya wajib di siapkan oleh seorang Guru sebagai perangkat/program pembelajaran yang utama dalam kegiatan pembelajaran yang di lakukan. Maka dari itu Anda senantiasanya membuat RPP atau memiliki file RPP yang sesuai dengan mata pelajaran yang di ampu yaitu B. Inggris.

Melihat begitu pentingnya fungsi RPP sebagai perencanaan untuk memperkirakan proses pembelajaran agar berjalan dengan lancar, memudahkan guru dalam mempersiapkan dalam menyampaikan aspek-aspek pembelajaran yang akan dilaksanakan. serta mendorong guru untuk lebih mematangkan rencana pembelajaran sebelum pembelajaran itu dimulai. Baik persiapan secara tertulis berupa materi yang harus disiapkan, maupun kesiapan mental seorang guru untuk menghadapi karakter siswa di dalam kelas. Karena kesiapan mental seorang guru sangat mempengaruhi keefektifan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas.
RPP Bahasa Inggris Kelas 1 2 3 4 5 6 SD MI semester 1 dan 2

RPP Bahasa Inggris Kelas 1 2 3 4 5 6

Berikut sekilas gambaran dari RPP Kelas 1 Semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD/MI:..........................
Mata Pelajaran:Bahasa Inggris
Kelas/Semester:I/1
Hari/ Tanggal:     ...........................
Alokasi Waktu: 2 x 35 menit


Standar Kompetensi:Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar:Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang


Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang.
Rasa ingin tahu :  Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
 Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar. ( NK, Gemar membaca :  Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya),

Karakter siswa: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif : Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan 

Materi Ajar:Kosakata 

Kosakata (Inggris: vocabulary) adalah himpunan kata yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut atau semua kata-kata yang kemungkinan akan digunakan oleh orang tersebut untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat pendidikannya. Karenanya banyak ujian standar, seperti SAT, yang memberikan pertanyaan yang menguji kosakata.

Metode Pembelajaran:
  • Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan atau didengar dari kaset/CD
  • Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.

2.Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
mendengarkan apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu dengan Rasa ingin tahu ( NK. Rasa ingin tahu :  Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. 
Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah dengan Gemar membaca ( NK, Gemar membaca :  Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya)
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui siswa 
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan 

3.Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.

Alat/Sumber Belajar:
Buku teks,Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar, Rekaman kaset/CD, Buku-buku lain yang relevan.

Itulas sekilas gambaran yang dapat Admin tuliskan pada artikel ini, dan lebih lengkap mengenai RPP Bahasa Inggris Kelas 1 2 3 4 5 6 SD/ MI semester 1 dan 2 Tahun 2017, silahkan langsung saja Bapak dan Ibu untuk mendownloadnya pada link di bawah ini.

RPP Bahasa Inggris Kelas 1 

Download RPP Bahasa Inggris Kelas I Semester 1

RPP Bahasa Inggris Kelas 2 

RPP Bahasa Inggris Kelas 3

RPP Bahasa Inggris Kelas 4

RPP Bahasa Inggris Kelas 5

RPP Bahasa Inggris Kelas 6

Post a Comment

Previous Post Next Post