KI Dan KD PAI dan Budi Pekerti Kelas X, XI, XII SMK/ MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 merupakan salah satu Perangkat/ Program Pembelajaran yang sangat penting. Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti pada K13 Kelas 10, 11, 12 sesuai dengan Permendikbud RI Nomor 24 Tahun 2016 memaparkan bahwa Kompetensi inti (KI) pada Kurtilas merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas. Kompetensi dasar (KD) merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.
KI Dan KD PAI dan Budi Pekerti Kelas 10, 11, 12 SMK/ MAK Kurikulum 2013
KOMPETENSI INTI KELAS 10 SMK/MAK K13 REVISI 2016-2017
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR KELAS 10 SMK/MAK K13 REVISI 2016-2017
1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
1.2 Berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup.
1.3 Meyakini kebenaran hukum Islam.
1.4 Berpakaian sesuai dengan ketentuan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari.
1.5 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8, dan Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits terkait.
1.6 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait.
1.7 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan. (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits yang terkait.
1.8 Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits yang terkait.
1.9 Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait.
1.10 Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir.
1.11 Menunjukkan sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Mekah.
1.12 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Nabi di Madinah.
1.13 Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
1.14 Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.
1.15 Menganalisis Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
1.16 Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
1.17 Memahami makna Asmaul Husna: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir.
1.18 Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
1.19 Memahami Q.S. At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
1.20 Memahami kedudukan Alquran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
1.21 Memahami pengelolaan wakaf.
3.10.1 Memahami substansi dan strategi dakwah Rasullullah saw. di Mekah.
3.10.2 Memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. di Madinah.
1.21.1 Membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
1.21.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.
1.2.1 Membaca Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
1.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2 dengan lancar.
1.3 Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir
1.4 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT
1.5 Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu
1.6 Menyajikan macam-macam sumber hukum Islam
1.7.1 Menyajikan dalil tentang ketentuan wakaf
1.7.2 Menyajikan pengelolaan wakaf
1.8.1 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah
1.8.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah
Itulah sekilas gambaran yang dapat Admin tuliskan pada artikel ini mengenai KI dan KD PAI SMK/ MAK Kurtilas dan untuk lebih lengkap dan jelas Admin telah menyiapkan filenya secara lengkap dalam bentuk doc pada link di bawah ini.
Post a Comment