Download Buku Guru IPS Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP/Mts - Materi pembelajaran IPS diambil dari kehidupan nyata yang terdapat di lingkungan masyarakat. Bahan atau materi diambil dari pengalaman pribadi, teman-teman seaa serta lingungan alam dan masyarakat sekitarnya. Diharapkan materi akan lebih mudah dipahami karena mempunyai makna lebih besar bagi para peserta didik dibandingkan bahan pembelajaran yang abstrak dan rumit yang berasal dari ilmu-ilmu sosial. Ruang lingukup materi IPS meliputi prilaku sosial ekonomi dan budaya manusia
di masyarakat. Masyarakat merupakan sumber utama IPS. Aspek kehidupan sosial terkait dengan ruang tempat tinggalnya.
Pendidikan IPS sebagai program pendidikan menitikberatkan pada pengembangan individu peserta didik sebagai “aktor sosial” yang mampu mengambil keputusan yang bernalar dan sebagai “warga negara” yang cerdas, memiliki komitmen, bertanggung jawab dan bermental partisipatif. Melalui pendidikan IPS, peserta didik dibina dan dikembangkan kemampuan mental serta intelektualnya menjadi warga negara yang memiliki keterampilan dan kepedulian sosial serta bertanggung jawab terhadap pembangunan nasional dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada secara optimal dan lestari.
Ruang lingkup materi IPS meliuti materi sustansiontenisi materi proses, dan materi sikap. Materi substansi meliputi fakta, konsep, generalisasi, dan teori. Materi proses meliputi menerima, mencari, mengumpulkan, merumuskan, dan melaporkan informasi. Informasi ini meliputi manusia dan lingkungannya. Materi sikap atau afeksi, diorganisasi sedemikian rupa sehingga ada sistematisasi bahan, informasi, dan atau kemampuan yang telah dimiliki tentang manusia dan lingkungannya sehingga menjadi lebih bermakna. Pengorganisasian materi sikap diharapkan dapat membuat peserta didik lebih peka dan tanggap terhadap berbagai masalah sosial secara rasional dan bertanggung jawab. Selain itu, pengorganisasian materi sikap dapat mempertinggi rasa toleransi dan persaudaraan di lingkungan sendiri dan masyarakat yang lebih luas.
Proses pembelajaran IPS di SMP tidak menekankan aspek teoritis keilmuannya, melainkan segi praktis mempelajari, menelaah, serta mengkaji gejala dan masalah sosial. daun sumer materi IPS meliuti
a. Segala sesuatu atau apa saja yang ada dan terjadi di sekitar peserta didik sejak dari keluarga, sekolah, desa, kecamatan sampai lingkungan yang luas, yaitu negara dan dunia dengan berbagai permasalahannya.
b. Kegiatan manusia misalna mata enaharian endidian agama rodusi komunikasi, dan transportasi.
c. Lingungan geografis dan ruang meliputi segala dan antropologis dari lingkungan peserta didik yang terdekat sampai yang terjauh.
d. Kehiduan masa lampau eremangan ehiduan manusia sejarah yang dimulai dari sejarah lingkungan terdekat sampai yang terjauh, tentang tokoh- tokoh dan kejadian-kejadian yang besar.
Daftar Isi ............................................................................................................... iv
Bagian I Petunjuk Umum .................................................................................. 1
A. Pembelajaran IPS ............................................................................................. 1
1. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial Kelas VIII ......................................................................................... 1
2. Tujuan Pembelajaran .................................................................................. 4
3. Materi Pembelajaran ................................................................................... 5
4. Pendekatan dan Model Pembelajaran IPS .................................................. 7
5. Langkah-langkah Pembelajaran IPS ........................................................... 14
B. Penilaian dan Pembelajaran IPS ...................................................................... 16
1. Konsep Penilaian dalam Pembelajaran IPS ................................................ 16
2. Karakteristik Penilaian Pembelajaran IPS .................................................. 16
3. Teknik dan Instrumen Penilaian ................................................................. 17
4. Pengolahan Hasil Penilaian ........................................................................ 39
C. Remedial dan Pengayaan ................................................................................. 43
1. Remedial ..................................................................................................... 43
2. Pengayaan (Enrichment).............................................................................. 46
D. Interaksi dengan Orang Tua ............................................................................. 47
1. Interaksi secara Langsung .......................................................................... 47
2. Interaksi secara Tidak Langsung ................................................................. 47
Bagian II Petunjuk Khusus ............................................................... 49
BAB I: INTERAKSI KERUANGAN DALAM KEHIDUPAN
DI NEGARA-NEGARA ASEAN ....................................................................... 49
A. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ......................................... 49
B. Tujuan Pembelajaran ....................................................................................... 50
C. Peta Konsep ..................................................................................................... 50
D. Materi Pembelajaran ........................................................................................ 51
E. Proses Pembelajaran ........................................................................................ 51
Subbab A. Mengenal Negara-negara ASEAN (10 JP/5 Pertemuan) ................ 51
F. Evaluasi............................................................................................................. 56
G. Pengayaan ......................................................................................................... 60
H. Remedial ........................................................................................................... 60
I. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 61
Subbab B. Interaksi Antarnegara-negara ASEAN
(10 JP/5 Pertemuan) ............................................................................................. 62
J. Evaluasi............................................................................................................. 66
K. Pengayaan ......................................................................................................... 69
L. Remedial ........................................................................................................... 70
M. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 72
Subbab C. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap
Kehidupan di Negara-negara ASEAN (16 JP/8 Pertemuan) ............................ 73
N. Evaluasi............................................................................................................. 78
O. Pengayaan ......................................................................................................... 82
P. Remedial ........................................................................................................... 82
Q. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 84
BAB II: PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP
KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN ................................................. 86
A. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ......................................... 86
B. Tujuan Pembelajaran ....................................................................................... 86
C. Peta Konsep ..................................................................................................... 87
D. Materi Pembelajaran ........................................................................................ 87
E. Proses Pembelajaran ........................................................................................ 88
F. Evaluasi............................................................................................................. 101
G. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 102
H. Interaksi dengan Orang Tua .............................................................................. 104
BAB III: KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN RUANG PENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL,
BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN ........................................................ 108
A. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ......................................... 108
B. Tujuan Pembelajaran ....................................................................................... 109
C. Peta Konsep ..................................................................................................... 109
D. Materi Pembelajaran ........................................................................................ 110
E. Proses Pembelajaran ........................................................................................ 111
Subbab A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran
Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian (8 JP/4 Pertemuan)................. 111
F. Evaluasi............................................................................................................. 114
G. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 118
H. Pengayaan ......................................................................................................... 120
I. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 121
Subbab B. Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan
Perdagangan Internasional (8 JP/4 Pertemuan) ............................................. 122
J. Evaluasi............................................................................................................. 125
K. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 129
L. Pengayaan ......................................................................................................... 130
M. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 134
Subbab C. Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia
(8 JP/ 4 Pertemuan) ............................................................................................ 135
N. Evaluasi............................................................................................................. 137
O. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 139
P. Pengayaan ......................................................................................................... 141
Q. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 142
Subbab D. Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan
Nasional (10 JP/ 5 Pertemuan)........................................................................... 143
R. Evaluasi............................................................................................................. 146
S. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 149
T. Pengayaan ......................................................................................................... 151
U. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 152
BAB IV: PERUBAHAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN
(Alokasi Waktu: 30 JP)....................................................................................... 154
A. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ......................................... 154
B. Tujuan Pembelajaran ....................................................................................... 155
C. Peta Konsep ..................................................................................................... 155
D. Materi Pembelajaran ........................................................................................ 156
E. Proses Pembelajaran ........................................................................................ 156
Subbab A. Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia (8JP)................ 156
F. Evaluasi............................................................................................................. 162
G. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 163
H. Pengayaan ......................................................................................................... 165
I. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 168
Subbab B. Kondisi Masyarakat Indonesia pada masa Penjajahan
(26 JP) .................................................................................................................. 171
J. Evaluasi............................................................................................................. 189
K. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 190
L. Pengayaan ......................................................................................................... 191
M. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 195
Subbab C. Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan ................ 198
N. Evaluasi............................................................................................................. 209
O. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 210
P. Pengayaan ......................................................................................................... 211
Q. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 218
Glosarium ............................................................................................................ 223
Daftar Pustaka .................................................................................................... 231
Itulah sekilas yang dapat Admin tuliskan mengenai isi dari Buku IPS ini dan lebih lengkap megneai buku tersebut Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap dalam bentuk pdf yang telah Admin sediakan pada link di bawah ini.
Download Buku Guru IPS Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
di masyarakat. Masyarakat merupakan sumber utama IPS. Aspek kehidupan sosial terkait dengan ruang tempat tinggalnya.
Pendidikan IPS sebagai program pendidikan menitikberatkan pada pengembangan individu peserta didik sebagai “aktor sosial” yang mampu mengambil keputusan yang bernalar dan sebagai “warga negara” yang cerdas, memiliki komitmen, bertanggung jawab dan bermental partisipatif. Melalui pendidikan IPS, peserta didik dibina dan dikembangkan kemampuan mental serta intelektualnya menjadi warga negara yang memiliki keterampilan dan kepedulian sosial serta bertanggung jawab terhadap pembangunan nasional dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada secara optimal dan lestari.
Ruang lingkup materi IPS meliuti materi sustansiontenisi materi proses, dan materi sikap. Materi substansi meliputi fakta, konsep, generalisasi, dan teori. Materi proses meliputi menerima, mencari, mengumpulkan, merumuskan, dan melaporkan informasi. Informasi ini meliputi manusia dan lingkungannya. Materi sikap atau afeksi, diorganisasi sedemikian rupa sehingga ada sistematisasi bahan, informasi, dan atau kemampuan yang telah dimiliki tentang manusia dan lingkungannya sehingga menjadi lebih bermakna. Pengorganisasian materi sikap diharapkan dapat membuat peserta didik lebih peka dan tanggap terhadap berbagai masalah sosial secara rasional dan bertanggung jawab. Selain itu, pengorganisasian materi sikap dapat mempertinggi rasa toleransi dan persaudaraan di lingkungan sendiri dan masyarakat yang lebih luas.
Proses pembelajaran IPS di SMP tidak menekankan aspek teoritis keilmuannya, melainkan segi praktis mempelajari, menelaah, serta mengkaji gejala dan masalah sosial. daun sumer materi IPS meliuti
a. Segala sesuatu atau apa saja yang ada dan terjadi di sekitar peserta didik sejak dari keluarga, sekolah, desa, kecamatan sampai lingkungan yang luas, yaitu negara dan dunia dengan berbagai permasalahannya.
b. Kegiatan manusia misalna mata enaharian endidian agama rodusi komunikasi, dan transportasi.
c. Lingungan geografis dan ruang meliputi segala dan antropologis dari lingkungan peserta didik yang terdekat sampai yang terjauh.
d. Kehiduan masa lampau eremangan ehiduan manusia sejarah yang dimulai dari sejarah lingkungan terdekat sampai yang terjauh, tentang tokoh- tokoh dan kejadian-kejadian yang besar.
Daftar Isi Buku Guru IPS Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Kata Pengantar ...................................................................................................... iiiDaftar Isi ............................................................................................................... iv
Bagian I Petunjuk Umum .................................................................................. 1
A. Pembelajaran IPS ............................................................................................. 1
1. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial Kelas VIII ......................................................................................... 1
2. Tujuan Pembelajaran .................................................................................. 4
3. Materi Pembelajaran ................................................................................... 5
4. Pendekatan dan Model Pembelajaran IPS .................................................. 7
5. Langkah-langkah Pembelajaran IPS ........................................................... 14
B. Penilaian dan Pembelajaran IPS ...................................................................... 16
1. Konsep Penilaian dalam Pembelajaran IPS ................................................ 16
2. Karakteristik Penilaian Pembelajaran IPS .................................................. 16
3. Teknik dan Instrumen Penilaian ................................................................. 17
4. Pengolahan Hasil Penilaian ........................................................................ 39
C. Remedial dan Pengayaan ................................................................................. 43
1. Remedial ..................................................................................................... 43
2. Pengayaan (Enrichment).............................................................................. 46
D. Interaksi dengan Orang Tua ............................................................................. 47
1. Interaksi secara Langsung .......................................................................... 47
2. Interaksi secara Tidak Langsung ................................................................. 47
Bagian II Petunjuk Khusus ............................................................... 49
BAB I: INTERAKSI KERUANGAN DALAM KEHIDUPAN
DI NEGARA-NEGARA ASEAN ....................................................................... 49
A. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ......................................... 49
B. Tujuan Pembelajaran ....................................................................................... 50
C. Peta Konsep ..................................................................................................... 50
D. Materi Pembelajaran ........................................................................................ 51
E. Proses Pembelajaran ........................................................................................ 51
Subbab A. Mengenal Negara-negara ASEAN (10 JP/5 Pertemuan) ................ 51
F. Evaluasi............................................................................................................. 56
G. Pengayaan ......................................................................................................... 60
H. Remedial ........................................................................................................... 60
I. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 61
Subbab B. Interaksi Antarnegara-negara ASEAN
(10 JP/5 Pertemuan) ............................................................................................. 62
J. Evaluasi............................................................................................................. 66
K. Pengayaan ......................................................................................................... 69
L. Remedial ........................................................................................................... 70
M. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 72
Subbab C. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap
Kehidupan di Negara-negara ASEAN (16 JP/8 Pertemuan) ............................ 73
N. Evaluasi............................................................................................................. 78
O. Pengayaan ......................................................................................................... 82
P. Remedial ........................................................................................................... 82
Q. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 84
BAB II: PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP
KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN ................................................. 86
A. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ......................................... 86
B. Tujuan Pembelajaran ....................................................................................... 86
C. Peta Konsep ..................................................................................................... 87
D. Materi Pembelajaran ........................................................................................ 87
E. Proses Pembelajaran ........................................................................................ 88
F. Evaluasi............................................................................................................. 101
G. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 102
H. Interaksi dengan Orang Tua .............................................................................. 104
BAB III: KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN RUANG PENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL,
BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN ........................................................ 108
A. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ......................................... 108
B. Tujuan Pembelajaran ....................................................................................... 109
C. Peta Konsep ..................................................................................................... 109
D. Materi Pembelajaran ........................................................................................ 110
E. Proses Pembelajaran ........................................................................................ 111
Subbab A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran
Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian (8 JP/4 Pertemuan)................. 111
F. Evaluasi............................................................................................................. 114
G. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 118
H. Pengayaan ......................................................................................................... 120
I. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 121
Subbab B. Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan
Perdagangan Internasional (8 JP/4 Pertemuan) ............................................. 122
J. Evaluasi............................................................................................................. 125
K. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 129
L. Pengayaan ......................................................................................................... 130
M. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 134
Subbab C. Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia
(8 JP/ 4 Pertemuan) ............................................................................................ 135
N. Evaluasi............................................................................................................. 137
O. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 139
P. Pengayaan ......................................................................................................... 141
Q. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 142
Subbab D. Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan
Nasional (10 JP/ 5 Pertemuan)........................................................................... 143
R. Evaluasi............................................................................................................. 146
S. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 149
T. Pengayaan ......................................................................................................... 151
U. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 152
BAB IV: PERUBAHAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN
(Alokasi Waktu: 30 JP)....................................................................................... 154
A. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) ......................................... 154
B. Tujuan Pembelajaran ....................................................................................... 155
C. Peta Konsep ..................................................................................................... 155
D. Materi Pembelajaran ........................................................................................ 156
E. Proses Pembelajaran ........................................................................................ 156
Subbab A. Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia (8JP)................ 156
F. Evaluasi............................................................................................................. 162
G. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 163
H. Pengayaan ......................................................................................................... 165
I. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 168
Subbab B. Kondisi Masyarakat Indonesia pada masa Penjajahan
(26 JP) .................................................................................................................. 171
J. Evaluasi............................................................................................................. 189
K. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 190
L. Pengayaan ......................................................................................................... 191
M. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 195
Subbab C. Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan ................ 198
N. Evaluasi............................................................................................................. 209
O. Pembelajaran Remedial .................................................................................... 210
P. Pengayaan ......................................................................................................... 211
Q. Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik ....................................................... 218
Glosarium ............................................................................................................ 223
Daftar Pustaka .................................................................................................... 231
Itulah sekilas yang dapat Admin tuliskan mengenai isi dari Buku IPS ini dan lebih lengkap megneai buku tersebut Bapak dan Ibu dapat mendownloadnya secara lengkap dalam bentuk pdf yang telah Admin sediakan pada link di bawah ini.
Download Buku Guru IPS Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Post a Comment