CARA PENYUSUNAN RPP DAN RPP KURIKULUM 2013 SD KELAS 1 2 3 4 5 6 SEMESTER 1 DAN 2

CARA PENYUSUNAN RPP DAN RPP KURIKULUM 2013 SD KELAS 1 2 3 4 5 6 SEMESTER 1 DAN 2
Pada Kesempatan yang kesekian kalinya, Kami www.folderpendidikan.com akan membagikan sebuah Administrasi Guru yang tentunya saat ini sedanga banyak di cari dan di butuhkan oleh setiap Guru yang saat ini sudah menggunakan Kurikulum 2013.Administrasi yang akan kami bagikan adalah RPP KURIKULUM 2013 SD KELAS 1 2 3 4 5 6 SEMESTER 1 DAN 2.

Seperti yang kita ketahui RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah sebuah Administrasi Penting untuk setiap Guru dalam melaksanakan Pembelajaran. Sebagai Seorang Guru kita harus mampu membuat RPP yang sesuai dengan Pembelajaran yang kita berikan. Berikut akan kami jelaskan sekilas mengenai cara penyusunan RPP: 1. Identifikasi Mata Kuliah atau Blok Mata Kuliah, Tuliskan identitas Program studi, nama mata kuliah atau blok mata kuliah, kode mata kuliah, bobot SKS, semester (bersumber pada kurikulum yang sudah ada). 2. Perumusan Standar Kompetensi (SK), Tuliskan rumusan SK dari setiap mata kuliah yang didasarkan pada tujuan akhir dari mata kuliah tersebut. Tuliskan dengan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik (lihat silabusnya). 3. Perumusan Kompetensi Dasar (KD), Tuliskan rumusan KD yang merupakan penjabaran dari SK dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik (lihat silabusnya). Tuliskan satu KD pada setiap RPP untuk satu kali pertemuan atau lebih. 4. Perumusan Indikator, Tuliskan indikator sebagai penjabaran dari KD dengan kata kerja operasional. Kata kerja operasional pada rumusan indikator dapat dirinci sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dan dapat ditulis secara terpisah antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik (lihat silabusnya). 5. Penentuan Tahap Pembelajaran, Urutan tahap pembelajaran terdiri dari komponen Pendahuluan, Penyajian, dan Penutup. Pendahuluan merupakan tahap awal kegiatan yang dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar secara mental siap mempelajari pengetahuan, keterampilan, dan sikap baru. Pada tahapan ini berisi penjelasan ringkas materi yang akan dikaji, keterkaitan materi kajian dengan materi sebelumnya atau dengan praktek keseharian (apersepsi), dan kompetensi yang harus dicapai peserta didik.
Tahap penyajian merupakan tahapan utama dalam pembelajaran, di dalamnya berisi uraian, contoh, diskusi atau latihan tentang materi yang dikaji. Sedangkan tahap Penutup merupakan tahapan akhir suatu pembelajaran. Pada tahap Penutup ini digunakan untuk memberikan penegasan, ringkasan, penilaian maupun tindak lanjut tentang materi yang dikaji tersebut. 6. Penentuan Kegiatan Pembelajaran, Tuliskan berbagai kegiatan utama yang harus dilakukan oleh pengajar maupun peserta didik selama proses pembelajaran yang akan dilakukan, yang mampu menggambarkan strategi pembelajaran. 7. Pemilihan Metode Pembelajaran, Tentukan metode pembelajaran yang akan diterapkan untuk memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik selama proses pembelajaran, mulai dari tahap Pendahuluan, Penyajian sampai tahap Penutup. Pemilihan metode pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan KD yang ingin dicapai, karena tidak setiap metode pembelajaran sesuai untuk digunakan dalam mencapai tujuan KD tertentu. 8. Pemilihan Media Pembelajaran, Tuliskan media yang akan digunakan dalam melaksanakan pembelajaran. Media hendaknya dipilih yang sesuai dengan metode pembelajaran yang akan digunakan. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat menjadikan pembelajaran lebih menarik, sehingga akan mempermudah untuk mencapai KD yang telah ditetapkan. 9. Penentuan Sumber Belajar, Tuliskan sumber belajar yang akan digunakan (didasarkan pada relevansi, konsistensi, dan edukuasi). Adapun yang dimaksud sumber belajar adalah buku-buku rujukan atau referensi berupa buku teks, jurnal, laporan penelitianatau bahan ajar lainnya. Sumber belajar juga dapat berupa manusia, misalnya dosen, peserta didik atau obyek lainnya tempat asal informasi diperoleh, atau sebagai nara sumber. 10. Alokasi Waktu, Tuliskan jumlah waktu yang dibutuhkan oleh pengajar dan peserta didik untuk menyelesaikan setiap langkah pada urutan Tahap Pembelajaran yaitu : Pendahuluan, Penyajian, dan Penutup. Porsi terbesar adalah tahap Penyajian, yaitu antara 80-90 % dari keseluruhan kegiatan pembelajaran. Sedangkan Pendahuluan biasanya hanya membutuhkan 5 %, dan Penutup memerlukan 10-15 % dari keseluruhan waktu yang digunakan untuk pembelajaran. Itulah yang dapat kami bagikan mengenai cara penyusunan RPP.

Sebagai Referensi bagi Bapak Ibu yang akan membuat RPP atau tidak ada waktu untuk membuat RPP, kami telah menyediakan RPP KURIKULUM 2013 SD KELAS 1 2 3 4 5 6 SEMESTER 1 DAN 2 untuk Bapak Ibu miliki yang telah kami sediakan pada link berikut ini....

RPP KURIKULUM 2013 SD KELAS 1 2 3 4 5 6 SEMESTER 1
  1. Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD
  2. Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 SD
  3. Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 3 SD
  4. Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 SD
  5. Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 SD
  6. Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD

RPP KURIKULUM 2013 SD KELAS 1 2 3 4 5 6 SEMESTER 2
  1. Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD
  2. Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 2 SD
  3. Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 3 SD
  4. Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 SD
  5. Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 SD
  6. Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 6 SD

Post a Comment

Previous Post Next Post