Pengenalan sekolah (guru, peserta didik) tentang bertutur kata, bersikap, dan berperilaku yang sesuai dengan nilai sila sila pancasila

Jawab :

Pengenalan sekolah tentang cara bertutur kata, bersikap, dan berperilaku yang sesuai dengan nilai nilai pancasila yaitu:
•Lingkungan Sekolah - Sekolah sebagai wahana Pendidikan kedua setelah keluarga diharapkan mampu berperan serta aktif secara maksimal dalam penanaman nilai-nilai Pancasila yang saat ini dirasakan terjadi penurunan yang diakibatkan kurangnya kesadaran dari pihak-pihak yang terkait mengenai arti pentingnya berbudi pekerti sesuai nilai-nilai Pancasila. Untuk itu budi pekerti di sekolah harus mencerminkan nilai nilai Pancasila antara lain tidak menghina teman, berbicara sopan, suka menolong, tidak iri atau dengki, dan sebagainya.

•Lingkungan Pergaulan - Sebagai peserta didik sudah pasti bergaul dengan teman-teman sebaya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Dalam pergaulan tersebut sebagai warga negara yang baik apalagi sebagai generasi penerus bangsa harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan antara lain tidak menyinggung perasaan orang lain, tidak menyakiti hati orang lain, bergaul tanpa  membeda-bedakan, dan sebagainya.

•Lingkungan Masyarakat - Dalam kehidupan masyarakat yang beraneka ragam, sudah menjadi keharusan untuk bertutur kata bersikap dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Perilaku menghargai penyampaian pendapat secara bebas danbertanggung jawab di lingkungan masyarakat dapat dilakukan antara lain mengutamakan musyawarah, menghormati perbedaan pendapat, tidak memaksakan kehendak.

•Lingkungan Bangsa dan Negara - Dalam hidup berbangsa dan bernegara bertutu kata yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila sangat diperlukan, mengingat bangsa Indonesia yang beraneka ragam suku, agama, adat istiadat dan golongan. Para penyelengrara negara, atau Dewan Perwakilan Rakyat dalam musyawarah untuk mengambil keputusan sering terjadi perbedaan pendapat. Dalam hal ini diperlukan tutur kata yang baik agar tidak menyakiti hati orang lain dan tidak menimbulkan permusuhan.

Itulah Soal dan Jawaban mengenai Artikel Pengenalan sekolah (guru, peserta didik) tentang bertutur kata, bersikap, dan berperilaku yang sesuai dengan nilai sila sila pancasila Jika Bapak Ibu membutuhkan Artikel ini silahkan tulis ulang, atas bisa Bapak Ibu Download artikel ini secara lengkap di bawah ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post